About me

Sabtu, 05 Februari 2011

Khatulistiwa Line Untuk Shell Eco-Marathon Asia 2011

Shell Eco Marathon (SEM) adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh perusahaan Shell yang mana dalam kompetisi ini melombakan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang paling sedikit. Awal mula diadakan kompetisi ini adalah ketika dua orang insinyur Shell mendapat ide untuk membuat sebuah kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang paling sedikit. Kemudian untuk mengetahui kendaraan yang paling efisien, mereka mengkompetisikan kendaraan mereka. Saat ini Shell eco marathon telah diselenggarakan di eropa, amerika, dan asia sejak tahun 2010. Dalam kompetisi ini para mahasiswa ditantang untuk mendesain, membuat dan melombakan kendaraan mereka dengan peserta dari tim lain. Yang menggunakan energi paling sedikit akan menjadi pemenangya.
Dalam kompetisi ini, terdapat dua kategori kendaraan secara umum, yaitu kendaraan prototip dan kendaraan urban konsep. Untuk kategori prototip, peserta kompetisi ini ditantang untuk mendesain, membuat, dan melombakan kendaraan dimana desain kendaraan ini dibuat dengan bentuk bodi yang memiliki tingkat gesekan udara kecil dengan efisiensi pemakaian bahan bakar yang tinggi, namun tetap mengedepankan keamanan. Sedangkan untuk kategori urban konsep, peserta kompetisi ditantang untuk mendesain, membuat dan melombakanl mobil yang lebih realistis yang dapat memenuhi kebutuhan pengemudi jaman sekarang. Mobil dalam kategori urban konsep ini memiliki desain dan kelengkapan lalu lintas yang menyerupai mobil-mobil yang sudah ada dan digunakan di jalan raya. Dalam kesempatan ini, tim Mesin Polnep akan mengikuti shell eco marathon dengan kategori kendaraan prototip. Kendaraan prototip ini kami namakan  ''khatulistiwa line''
Secara umum tujuan dari kompetisi Shell Eco Marathon ini adalah untuk menjawab tantangan global yaitu menciptakan kendaraan masa depan yang memiliki efisiensi tinggi dan ramah lingkungan. Selain itu mengingat ketersediaan bahan bakar fosil dunia yang semakin menipis maka terselenggaralah kompetisi ini.
Secara khusus tujuan kami untuk ikut serta dalam kompetisi Shell Eco Marathon 2011 adalah karena kami ingin mengharumkan  nama bangsa di tingkat Asia, menambah pengalaman dan pengetahuan kami khususnya di bidang otomotif, menjadi bagian dari upaya penghematan energi bahan bakar fosil, serta ingin mengenalkan kampus kami yaitu Politeknik negeri Pontianak di tingkat Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar